Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi'liyyah dalam Bahasa Arab
Dalam bahasa Arab, kalimat (الْجُمْلَةُ) dibagi menjadi dua jenis utama berdasarkan elemen yang mengawali kalimat tersebut [1]:
- Jumlah Ismiyyah (جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ)
- Jumlah Fi'liyyah (جُمْلَةٌ فِعْلِيَّةٌ) [1]
1. Jumlah Ismiyyah (جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ)
-
Jumlah Ismiyyah adalah kalimat yang diawali dengan isim (kata benda) [2][3].
-
Jumlah ini tersusun dari dua komponen utama: mubtada' (مُبْتَدَأ) dan khabar (خَبَر) [2][4].
-
Struktur: مُبْتَدَأ + خَبَر [4]
-
Mubtada' selalu berada di awal kalimat dan tidak didahului oleh khabar [3].
-
Khabar harus sesuai dengan mubtada' dalam jenis (mudzakkar/muannats) dan jumlah (mufrad, mutsanna, jama') [4][5].
Contoh Jumlah Ismiyyah:
- (الْجَوُّ نَقِيٌّ) - Udaranya bersih [4]
- (الأَرْضُ مُسْتَدِيْرَةٌ) - Bumi itu bulat [4]
- (مُحَمَّدٌ مُسْلِمٌ) - Muhammad adalah seorang Muslim
- (الْمَكْتَبَةُ كَبِيْرَةٌ) - Perpustakaan itu besar [3]
- (أَحْمَدُ فِي الْمَسْجِدِ) – Ahmad di dalam masjid [6]
2. Jumlah Fi'liyyah (جُمْلَةٌ فِعْلِيَّةٌ)
-
Jumlah Fi'liyyah adalah kalimat yang diawali dengan fi'il (kata kerja) [2][3].
-
Jumlah ini tersusun dari fi'il (فِعْل) dan fa'il (فَاعِل) [2][3]. Terkadang juga terdapat maf'ul bih (مَفْعُول بِه) sebagai objek [2].
- Fi'il (فِعْل): Kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan atau kejadian [2][3]. Fi'il bisa berupa fi'il madhi (lampau), fi'il mudhari' (sedang atau akan datang), atau fi'il amr (perintah) [1][2].
- Fa'il (فَاعِل): Subjek atau pelaku yang melakukan tindakan [2][3]. Fa'il adalah isim marfu' yang terletak setelah fi'il [2].
- Maf'ul Bih (مَفْعُول بِه): Objek yang dikenai tindakan [2].
-
Struktur: فِعْل + فَاعِل (+ مَفْعُول بِه) [2]
-
Dalam jumlah fi'liyah, fi'il selalu berbentuk mufrad (tunggal) meskipun fa'il-nya berbentuk mutsanna (dual) atau jamak (plural) [2].
-
Fi'il dan fa'il harus sesuai dalam jenisnya (mudzakkar/muannats) [5].
Contoh Jumlah Fi'liyyah:
- (ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلَى الْمَدْرَسَةِ) - Muhammad telah pergi ke sekolah [1]
- (يَكْتُبُ الطَّالِبُ الدَّرْسَ) - Siswa itu sedang menulis pelajaran
- (قَرَأَ عَلِيٌّ الْكِتَابَ) – Ali telah membaca buku
- (يَشْرَبُ الوَلَدُ اللَّبَنَ) - Anak itu minum susu
- (اِقْرَأْ يَا مُحَمَّدُ) - Bacalah wahai Muhammad!
Perbedaan Utama Antara Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi'liyyah [2][3]:
Fitur |
Jumlah Ismiyyah |
Jumlah Fi'liyyah |
Kata Awal |
Isim (Kata
Benda) |
Fi'il
(Kata Kerja) |
Komponen |
Mubtada'
dan Khabar |
Fi'il dan
Fa'il (kadang Maf'ul Bih) |
Kesesuaian |
Mubtada'
dan Khabar harus sesuai dalam jenis dan jumlah |
Fi'il
harus sesuai dengan Fa'il dalam jenis saja |
Memahami perbedaan antara jumlah ismiyyah dan jumlah fi'liyyah sangat penting dalam mempelajari tata bahasa Arab, karena akan membantu dalam memahami makna dan struktur kalimat dengan lebih baik.
Tugas
تَرْجِمْ ١٠ جُمْلَاتٍ تَاليَةٍ إِلَى اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ!
- Bunga itu indah.
- Siswa itu rajin.
- Perpustakaan itu besar.
- Ahmad adalah seorang muslim.
- Pulpen itu baru.
- Muhammad telah pergi ke sekolah.
- Siswi itu sedang menulis pelajaran.
- Ali telah membaca buku.
- Anak itu minum susu.
- Bacalah wahai Muhammad!.
Referensi:
- Pengertian Jumlah Fi'liyah, Pahami Unsur, Ciri-Ciri, dan Contohnya - Hot Liputan6.com
- Jumlah Ismiyah dan Fi'liyah: Definisi, Perbedaan, dan Contohnya
- Jumlah Ismiyah dan Fi'liyah: Definisi, Perbedaan, dan Contohnya
- Jumlah Ismiyyah dan Fi'liyyah (الجملة الإسمية والفعلية) - Seputar Bahasa Arab
- Jumlah Ismiyyah & Jumlah Fi'liyyah | PDF - Scribd
- Jelaskan pengertian jumlah fi'liyyah dan jumlah ismiyyah dan berikan masing masing 5 contoh? - Brainly.co.id
Komentar
Posting Komentar